Mengunjungi Galeri Nasional Indonesia

Nama: Sekar Raditia Januarni

NPM: 202146500920

Kelas: R3L


Mengunjungi Galeri Nasional Indonesia



Ini adalah pertama kalinya saya dateng ke Galeri Nasional Indonesia, ternyata tidak seburuk dengan yang sudah saya kira sebelumnya. Banyak yang bilang kalau ke Galeri Nasional Indonesia itu cukup membosankan, karena kita hanya berjalan mengelilingi ruangan pameran tersebut tanpa tau apa maksud dari karyanya. Setelah saya mengunjunginya sendiri, ternyata sangat seru sekali, banyak karya yang terpajang disana seperi karya lukisan, karya 3D dan masih banyak lagi. 





Karya yang membuat saya tertarik adalah Lukisan karya Abraham Salm (1865-1872) menampilkan pabrik gula di pulau Jawa, khas dengan cerobong asap yang mengepul-ngepul. Beberapa petani tebu terlihat hilir mudik mengirimkan hasil panennya untuk menjalani proses giling. Moda transportasi yang digunakan berupa cikar dengan ditarik kerbau atau sapi. Pemandangan yang eksotis saat itu atau mungkin juga saat ini. Sayangnya Abraham Salm tidak menjelaskan dengan pasti dimana letak pabrik gula tersebut. Lukisan tersebut sangat indah setelah beberapa kali saya pandang, warnanya sangat cantik dengan detail kecilnya yang sempurna.


Setelah mengunjungi Galeri Nasional Indonesia saya menyadari bahwa semua karya itu memiliki arti dan maknanya tersendir dan saya belajar dari hal itu untuk tidak meremehkan karya apapun untuk kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILSAFAT SENI

19. How Beauty Matters

Analisis 3 Karya Design Dengan Menggunakan Teori Mimesis dan Teori Significant Form.